c. Kesehatan

1. Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

Tips Kesehatan

Hai, sahabat, tips kesehatan. Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang termasuk anda. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit. Jadi kita harus selalu bersyukur dengan nikmat sehat yang diberikan Tuhan YME kepada kita semua.

Sahabat, tips kesehatan. Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang selalu menerpa seperti peyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Lalu bagaimana kita bisa menjaga daya tahan tubuh yang benar agar selalu sehat dan bugar setiap hari….????? Berikut ini tips kesehatan yaitu Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat :

  1. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Dalam hal ini tidur yang cukup dan berkualitas. (7 Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas).
  2. Mematikan lampu pada saat tidur di malam hari merupakan salah satu tips menjaga daya tahan tubuh anda. Ini dikarenakan hormon melatonin yang berkaitan dengan kekebalan tubuh anda mulai berproduksi saat anda mematikan lampu dimalam hari disaat tidur. ( Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala ).
  3. Kecapekan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab dari menurunnya daya tahan tubuh anda. Sehingga mengistirahatkan tubuh anda merupakan langkah yang sangat tepat untuk menghilangkan rasa capek tersebut. ( 7 Tips Mudah Menghilangkan Capek Di Tubuh Anda ).
  4. Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.(7 Tips Efektif Menghilangkan Stress).
  5.  Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat. ( 5 Olahraga Sederhana Yang Mudah Dan Menyehatkan ).
  6.  Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna. ( 4 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anda ).
  7.  Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas. ( 7 Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan ).
  8.  Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri. ( 5 Makanan Berserat Tinggi Untuk Tubuh Anda ).
  9.  Penuhi kebutuhan vitamin D. karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan. ( 4 Makanan Sebagai Antibiotik Alami ).
  10. Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh. Dalam hal ini air putih yang menyehatkan. Delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.( 7 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anda ).
  11. Tersenyum merupakan tips paling mudah untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Ini dikarenakan, dengan kita tersenyum maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. ( 5 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Anda ).
  12. Mendengarkan musik yang anda sukai ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang anda miliki. Oleh karena itulah, sangat di anjurkan untuk mendengarkan musik agar daya tahan tubuh anda semakin meningkat dan tahan terhadap serangan berbagai penyakit. ( 7 Manfaat Luar Biasa Musik Bagi Kesehatan Anda ).

Artikel Kesehatan Lainnya…

Semoga tips kesehatan yang berjudul Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat berguna dan bermanfaat untuk anda. Akhir kata, salam hangat dari penulis. (Sumber : Dari Berbagai Sumber Yang Relevan).

 

Sumber Pustaka : http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/04/jaga-daya-tahan-tubuh-sehat.html

 

2. PENTINGNYA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

KEB

Manusia berinteraksi dengan lingkungan terus-menerus. Interaksi ini mempengaruhi kualitas hidup, tahun hidup sehat hidup, dan kesenjangan kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan lingkungan, yang berhubungan dengan kesehatan, seperti 1 Kesehatan lingkungan “semua kimia fisik, dan faktor biologis eksternal untuk seseorang, dan semua perilaku yang terkait.” Terdiri dari mencegah atau mengendalikan penyakit, cedera , dan cacat yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan lingkungannya.
Rakyat Sehat 2.020 tujuan Kesehatan Lingkungan fokus pada 6 tema, yang masing-masing menyoroti unsur kesehatan lingkungan:
  1. Kualitas udara di luar ruangan
  2. Permukaan dan kualitas air tanah
  3. Zat beracun dan limbah berbahaya
  4. Rumah dan masyarakat
  5. Infrastruktur dan surveilans
  6. Lingkungan global kesehatan

 

Menciptakan kesehatan-mempromosikan lingkungan yang kompleks dan bergantung pada penelitian terus untuk memahami lebih lengkap efek paparan bahaya lingkungan terhadap kesehatan masyarakat.
Mengapa Kesehatan Lingkungan Penting?
Menjaga lingkungan yang sehat merupakan pusat peningkatan kualitas hidup dan tahun hidup sehat. Secara global, hampir 25 persen dari semua kematian dan total beban penyakit dapat dikaitkan dengan lingkungan factors.1 Faktor lingkungan yang beragam dan jauh menjangkau. Mereka meliputi:
  • Paparan zat berbahaya di udara, air, tanah, dan makanan
  • Alam dan teknologi bencana
  • Fisik bahaya
  • Kekurangan gizi
  • Lingkungan yang dibangun

 

Kualitas lingkungan yang buruk memiliki dampak terbesar pada orang-orang yang status kesehatan sudah beresiko. Oleh karena itu, kesehatan lingkungan harus mengatasi faktor-faktor sosial dan lingkungan yang meningkatkan kemungkinan paparan dan penyakit.
Memahami Kesehatan Lingkungan
The 6 tema dari daerah topik Kesehatan Lingkungan menarik perhatian ke unsur lingkungan dan hubungan mereka untuk kesehatan.
Di luar ruangan Kualitas Udara
Buruk kualitas udara dikaitkan dengan kematian dini, kanker, dan kerusakan jangka panjang pada sistem pernafasan dan kardiovaskular. Kemajuan telah dilakukan untuk mengurangi emisi udara yang tidak sehat, namun, pada tahun 2008, sekitar 127 juta orang tinggal di negara AS yang melebihi nasional kualitas udara standards.2 Penurunan polusi udara merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat.
Permukaan dan Air Tanah
Permukaan dan kualitas air tanah berlaku untuk air minum dan perairan rekreasi. Kontaminasi oleh agen infeksi atau bahan kimia dapat menyebabkan ringan sampai penyakit berat. Melindungi sumber air dan meminimalkan paparan sumber air yang tercemar adalah bagian penting dari kesehatan lingkungan.
Zat Beracun dan Limbah Berbahaya
Efek kesehatan dari zat beracun dan limbah berbahaya yang belum sepenuhnya dipahami. Penelitian untuk lebih memahami bagaimana paparan dapat mempengaruhi kesehatan sedang berlangsung. Sementara itu, upaya untuk mengurangi eksposur berlanjut. Mengurangi paparan zat-zat beracun dan limbah berbahaya adalah dasar kesehatan lingkungan.
Rumah dan Masyarakat
Orang-orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah, pekerjaan sekolah, atau. Beberapa lingkungan dapat mengekspos orang untuk:
  • Indoor polusi udara
  • Memadai pemanasan dan sanitasi
  • Struktural masalah
  • Listrik dan bahaya kebakaran
  • Memimpin berbasis cat bahaya

 

Ini bahaya dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan. Menjaga rumah sehat dan masyarakat sangat penting untuk kesehatan lingkungan.
Infrastruktur dan Surveillance
Pencegahan pajanan terhadap bahaya lingkungan bergantung pada banyak mitra, termasuk departemen kesehatan negara bagian dan lokal. Personil, sistem pengawasan, dan pendidikan adalah sumber daya penting untuk menyelidiki dan menanggapi penyakit, pemantauan untuk bahaya, dan mendidik masyarakat. Metode tambahan dan kapasitas yang lebih besar untuk mengukur dan menanggapi bahaya lingkungan diperlukan.
Global yang Kesehatan Lingkungan
Kualitas air merupakan tantangan global yang penting. Penyakit dapat dikurangi dengan meningkatkan kualitas air dan sanitasi, dan meningkatkan akses terhadap air yang memadai dan fasilitas sanitasi.
Muncul Isu dalam Kesehatan Lingkungan
Kesehatan lingkungan adalah bidang yang dinamis dan berkembang. Meskipun tidak semua isu lingkungan yang kompleks dapat diprediksi, beberapa masalah yang muncul yang dikenal di lapangan meliputi:
Perubahan Iklim
Perubahan iklim diperkirakan akan berdampak permukaan laut, pola penyakit menular, kualitas udara, dan tingkat keparahan bencana alam seperti banjir, kekeringan, dan storms.3, 4
Siaga Bencana
Kesiapan untuk dampak lingkungan dari bencana alam serta bencana asal manusia mencakup perencanaan untuk kebutuhan kesehatan manusia dan dampak pada infrastruktur publik, seperti air dan roadways.5
Nanoteknologi
Dampak potensial dari nanoteknologi adalah signifikan dan menawarkan perbaikan mungkin untuk:
  • Pencegahan penyakit, deteksi, dan pengobatan
  • Elektronik
  • Energi bersih
  • Pabrik
  • Lingkungan penilaian risiko

 

Namun, nanoteknologi juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang tidak diinginkan atau perubahan lingkungan.
The Planologi
Fitur dari lingkungan binaan muncul untuk mempengaruhi kesehatan manusia-mempengaruhi perilaku, pola aktivitas fisik, jaringan sosial, dan akses ke resources.6
Paparan Bahaya Diketahui
Akhirnya, setiap tahun, ratusan bahan kimia baru diperkenalkan ke pasar AS. Hal ini diduga bahwa beberapa bahan kimia dapat hadir baru, tantangan tak terduga untuk kesehatan manusia, dan, karenanya, keselamatan mereka harus dievaluasi sebelum rilis.
Ini isu lintas sektoral belum dipahami cukup baik untuk menginformasikan pengembangan sistem untuk mengukur dan melacak dampaknya. Eksplorasi lebih lanjut diperlukan. Lanskap kesehatan lingkungan akan terus berkembang dan dapat memberikan peluang untuk penelitian tambahan, analisis, dan pemantauan.
Tingkat Timbal Darah

Jumlah anak-anak dengan kadar timbal darah di AS terus menurun. Akibatnya, menentukan perkiraan prevalensi yang stabil nasional dan perubahan estimasi prevalensi dari waktu ke waktu menggunakan NHANES semakin sulit. Menghilangkan kadar timbal darah pada anak-anak tetap menjadi tujuan penting bagi kesehatan masyarakat. Ukuran sampel yang tersedia dengan NHANES saat terstruktur terlalu kecil untuk menghasilkan estimasi statistik handal dan menghalangi kemampuan untuk memiliki target yang layak untuk HP2020 (lihat Tujuan 8.1). Upaya harus dan akan terus mengurangi kadar timbal dalam darah dan untuk memantau prevalensi anak-anak dengan tingkat timbal dalam darah tinggi.

 

Sumber Pustaka : http://campurseo.blogspot.com/2012/10/pentingnya-kesehatan-lingkungan.html

 

3. ARTI DAN MANFAAT KEBERSIHAN LINGKUNGAN

lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.
Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara kontinyu.
Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.
Dalam hubungan ini umat beragama dan masyarakat sekitar mutlak diperlukan dalam menciptakan lingkungan masyarakat bersih dan sehat. Kondisi bersih sangat mendukung kenyamanan dan menerik, sebaliknya tempat yang kotor menjadikan kondisi suram dan menjengkelkan.
Renungkanlah sebuah hadits Rasulullah SAW yang maksudnya ” islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.” (HR.Dailami)

      Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.
Di agama islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagaian dari iman.

Tinggalkan komentar